Kamis, 18 April 2013

Belajar Huruf Jepang (Hiragana)


Halo, kali ini saya ingin membagikan sedikit pelajaran tentang huruf Jepang. Huruf jepang terbagi menjadi 4 jenis. Hiragana, Katakana, Kanji, dan Romaji.

Hiragana (ひらがな、平仮名) adalah suatu cara penulisan bahasa Jepang dan mewakili sebutan sukukata. Hiragana digunakan untuk kata asli dari bahasa Jepang.

Katakana biasanya digunakan untuk menulis kata-kata yang berasal dari bahasa asing yang sudah diserap ke dalam bahasa Jepang (外来語/gairaigo) selain itu juga digunakan untuk menuliskan onomatope dan kata-kata asli bahasa Jepang, hal ini hanya bersifat penegasan saja.

Kanji dulunya juga disebut mana (真名) atau shinji (真字) untuk membedakannya dari kana. Aksara kanji dipakai untuk melambangkan konsep atau ide (kata benda, akar kata kerja, akar kata sifat, dan kata keterangan). Dan juga untuk menyingkat hiragana yang terlalu panjang.

Romaji adalah tulisan latin untuk melafalkan tulisan hiragana, katakana, atau kanji bagi yang belum bisa membacanya.

Nah, kali ini kita belajar hiragana dulu, ya? Insya Allah untuk Katakana akan saya post selanjutnya. Kalau Kanji? Wah, itu sih harus belajar dari yang master bahasa Jepang. Lihat tabel hiragana dibawah,
 Gampang kan? Ingat jangan sampai tertukar. Banyak huruf kembar seperti か dan が, yang membedakan adalah tanda kutip pada huruf が. Begitu juga yang lainnya. Akan saya contohkan sedikit penulisan huruf Hiragana dibawah ini ..

1.) なると (Naruto)
2.)えんぴつ (Enpitsu) Pensil
3.) みず (Mizu) Air
4.) ひらがな (Hiragana)
5.) かばん (Kaban) Tas

Sebaiknya hafalkan dulu yang ini. Baru pelajari huruf gabungan yang di bawah ini.

Nah, kalau yang ini huruf yang bervokal i (ki,hi,bi,mi, dll) digabungkan dengan huruf // kecil. Maka akan berubah menjadi seperti gambar di atas. Kecuali untuk huruf berbeda dengan yang lainnya. Sedikit contoh ..

1.) びょういん (Byouin) Rumah Sakit
2.) さんびゃく (Sanbyaku) 300
3.) おちゃ (Ocha) Teh 
4.) じしょ (Jisho) Kamus
5.) きょう (Kyou) Hari Ini

Gampang, kan? Sehari juga hafal kok kalau niat :D Pesan saya sekali lagi, BANYAK HURUF KEMBAR JANGAN TERKECOH. Oke, nanti akan saya post huruf Katakana. Semoga Bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar