Senin, 29 April 2013

Membuat Kalimat Sederhana Positif (Present) dalam Bahasa Jepang


Siapa bilang belajar bahasa Jepang susah? Gak susah, kok. Gak gampang juga sebenarnya. Ya biasa-biasa saja. Nah, untuk pemula, di sini saya akan bagikan cara membuat kalimat sederhana dengan bahasa Jepang. Disimak, ya?

Kalimat Sederhana Positif (Sekarang)

Sama dengan bahasa Inggris, bahasa Jepang juga menggunakan tenses atau berhubungan dengan waktu. Tidak seperti bahasa Indonesia yang masa bodo dengan keterangan waktu. Ini adalah kalimat yang terjadi sekarang ( Simple Present ).

Rumus (Jepang) :  A は B です。( A wa B desu )
Seperti rumus pada kalimat bahasa Indonesia. A adalah B. Contoh : Saya adalah Fajar. Saya sebagai A. dan Fajar sebagai B. A adalah subjek yang menjadi topik pembicaraan. B adalah predikat. Jadi bila kita ubah kalimat Saya adalah Fajar ke dalam rumus Jepang maka jadinya adalah  Saya は Fajar です。

Rumus : A は B です。
Contoh :
私 は ファジャル です。
(Watashi wa fajaru desu)
Saya adalah Fajar.
私 (watashi) sebagai A (subjek) dan ファジャル (fajaru) sebagai B (predikat).

contoh lain :
彼 は パイロットです。
(Kare wa pairotto desu)
Dia (laki-laki) adalah seorang Pilot
彼 (kare) sebagai A (subjek) dan パイロット (pairotto) sebagai B (predikat).

彼女 は 看護婦 です。
(Kanojo wa kangofu desu)
Dia (perempuan) adalah seorang perawat.
彼女 (kanojo) sebagai A (subjek) dan 看護婦 (kangofu) sebagai B (predikat).

Mudah, 'kan? Tunggu pelajaran Kalimat Sederhana Negatif, ya? Semoga Bermanfaat ^.^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar