Rabu, 29 Mei 2013

Cerpen : Cintaku Semanis Wajik



Cerita ini murni fiktif atau karangan belaka. Bukan pengalaman gue, kok. Gila aja gue punya pengalaman seburuk ini. Malu juga buat di-share. Tapi biarpun ini karangan, semua nama-nama yang diceritakan di sini asli dan emang beneran ada orangnya.  Mulai dari Ayu (Eriyanti Rahayu), terus Icha (Riza Aulia),  Kiki (Rizki Widiastuti), and Haris (Haris Itsar). Thank you, friends :D

CEKIDOT

18.30 Waktu Indonesia bagian Barat. Abis selesai sholat kerjaan gue ya kayak biasa. Cuma tidur-tiduran doang di kasur. Bingung mao ngapain lagi. Mau maen, tapi capek. Yaudahlah bercinta aja sama guling. Hehehe. Rumah sepi kayak kuburan. Nyokap bokap lagi ke Jogja, Kakak gatau maen kemana. HP ? lebih sepi dari kuburan. Gila gak tuh

Padahal kan, gue ganteng . . Maksudnya, Ya biasa-biasa aja sih sebenernya. Cuma . . ya masa sih ga ada cewek yang sudi buat ngebunyiin HP gue? Sedikit aja ! Nasib banget jadi jomblo. Tiba-tiba HP gue bunyi. Bukan bunyi lagi, tapi getar. Cetar membahana, angin topan, badai catrina. Alhamdulillah Ya Allah . . .  Akhirnya ada juga yang sms gue. Setelah sekian lama HP gue ngejomblo gara-gara gue jomblo juga. Gak jadi nangis deh gara-gara HP sepi.

Huhh. Dan sekarang HP gue bunyi . . Aaaaaaaahh seneng banget Tuhan . . . Jingkrak-jingkrak di atas kasur. Eh, tunggu dulu. Siapa sih yang sms? Sampe segitu senengnya gue. Oke, kita cek dulu. Eh dari Ayu. Yah wajarlah kalo gue seneng banget gini. Ayu itu cewek yang gue taksir udah lama. Dia emang gak cantik sih. Tapi manis . . . Ish, manis banget kayak kue wajik !!

Cepet-cepet gue baca deh SMS-nya. “ Jadi ke rumah gue? “ begitu smsnya. Wanjirrrr ! Gue lupa. Malam ini kan gue ada janji ke rumah dia. Aduuhhh, bego banget sih gue. Masa bisa lupa sih. Buru-buru deh gue bales SMS-nya. Daripada dia ngambek, ye ‘kan? “ Jadi kok, Yu. Bentar ya gue makan dulu “. Gak pake pikir panjang lagi. Langsung kiriiiiiim !!

Gak lama kemudian dia bales SMS gue “ Oh yaudah “. Masa sih cuma ‘oh yaudah’ doank ? Apa kek, ini kek, itu kek. Tambahin ‘selamat makan ya sayang ^^’ gitu kek. Ngarep gilaaaa !! Ya gapapa ngarep. Daripada ‘Oh yaudah’ doank. Nyesek !! 

Ah tapi gapapa lah. Gue harus nyiapin hadiah buat dia yang udah gue beli kemarin. Jadi ceritanya kemarin itu Ayu ulang tahun. Nah gue mao ngasih dia kado. Buku Kumpulan Rumus Matematika. Butuh perjuangan juga nyari tuh buku. Untung di bantuin sama temen gue, Haris. Gue yakin Ayu pasti seneng banget gue kasih buku itu. Dia kan cinta banget sama matematika. 

Dan selain gue mao ngasih kado buat dia. Gue juga mao nembak dia. Ahay ! Cihuy banget. Soalnya dia baru aja putus minggu lalu. Dan belum lama dia curhat ke gue. Gue sih cuma bilang “ Sabar ya, Yu. Nanti juga lo bakalan dapet yang lebih baik dari dia”. Ya, dia bakalan dapet yang lebih baik. Yaitu Gue ! Gue ! Gue lebih baik daripada mantan-mantannya. Gue yakin.

Tapi karena kemarin gue disuruh lembur sama bos gue di perusahaan tempat gue PKL. Jadi gak jadi ke rumah Ayu. Dan malem ini gue harus jadi kerumah Ayu. Gue harus kasih kado ke dia. Gue harus nembak dia. Bodo amat, pokoknya harus diterima. Ga mao tau !

Oke, kado udah siap. Tinggal makan dulu deh. Buru-buru deh gue ngacir ke dapur. Nyari makan. Ah, untung Mama sebelum pergi udah masak rendang daging. Yeaay, makan enak ! Satu suap, dua suap. Hmmm, nanti kalo gue udah jadian sama Ayu nanti pasti kita bakalan main suap-suapan. Najis ! Lebay banget. Hahahaha

Ga kerasa makan kalo sambil bayangin Ayu. Gak taunya udah bersih aja tuh piring. Rendang yang pedes jadi manis. Gila, banyak juga gue makan. Sampe begah banget nih perut. Gak kuat jalan. Ah tapi kan gue harus ke rumah Ayu. Udah ah nanti ke buru malem. Yuk capcus buruan. 

Gak lupa gue bawa kadonya. Hehehe. Berhubung rumah Ayu sama rumah gue gak terlalu jauh. Cuma beda RT doang. Hehehe, Jadi yaudah deh jalan kaki aja. Lagipula di jalan kan bisa sekalian nyusun kata-kata buat nembak Ayu. Hehehe. 

Duhh cape juga jalan kaki. Aus banget gue. Padahal kayaknya deket banget deh. Tapi udah cape banget, aus pula. Mungkin karena tadi gue minum cuma dikit abis makan. Yaudah deh mumpung ada warung, berenti dulu deh. 

“ Bu, Akuwa gelasnya satu, ya? Yang dingin. ” gue langsung order pesenan gue ke waiters warung.
And gak lama kemudian . . . Cling ! Menu yang gue pesen udah di tangan. Gue taroh dulu kado buat Ayu di atas etalase warung. Langsung sedoooooooot sampe abis. Gila aus banget. Lega rasanya lagi aus minum air dingin. 

Abis itu gue langsung nanya bill gue ke waiters warungnya. “ Berapa, bu? “.
“ Gopek bang “ jawab si waiters warung yang mukanya dikeriput-keriputin gitu.

Bang . . bang .. Emang nama gue Bambang?! Nama gue Fajar. Aneh banget sih manggil abang. Panggil Mas kek. Atau kakak kece gitu. Gue ngedumel dalem hati. Gak suka aja dipangging abang. Oke, balik lagi ke masalah bill. Masa sih cowok seganteng and sekeren gue cuma beli air yang harganya gopek? Kayaknya gak level deh. Genapin aja deh biar seribu. Hehehe. Seenggaknya seribu lebih baik daripada gopek.

Beli apa lagi, ya? Ah, ada kue wajik ! Imut banget tuh kue. Udah kecil pake dibungkus kertas warna-warni gitu. Pengen gue pacarin tuh kue. Eh tapi, inget kue wajik jadi inget Ayu.

“ Ini berapa, bu? ” tanya gue sambil ngangkat kue wajik yang dibungkus kertas warna merah.
“ Gopek mas “ jawab si waiters. Nah gitu kek. Eh tapi kok waiters ini bisa tau isi hati gue sih? Jangan-jangan dia . . . . Ah bodo amad lah.
“ Yaudah sama ini satu. Jadi Rp. 1000, ya Bu? Ini uangnya ” akhirnya gue beli kue wajik itu satu sambil kasih uangnya. 
Oke deh sekarang kita capcus lagi ke rumah Ayu. Tinggal sedikit lagi nyampe rumah Ayu. Gak taunya masalah besar terjadi ! Gue mules. Anjrit sakit banget perut gue. Aaaaaahh, Tuhan masa harus mules sekarang sih? Nanti aja yaa Tuhan. 
Duh mampus gue ! Gue mulai keringet dingin. Bulu kuduk gue berdiri semua. Gila, ga enak banget nahan berak. Masa iya sih gue pulang lagi? Udah setengah jalan ini. Dikit lagi sampe, lanjutin aja lah. Tahan, Jar ... Tahan. Wahai Pantatku yang mulus dan shine bright like a diamond. Nanti dulu ya eeq nya. Nanggung nih. Ga lama kemudian sampe juga di rumah Ayu. 
“ Assalamualaikum “ gue ucap salam dulu biar keliatan alim.
“ Wa’alaikum salam “ jawab orang yang ada di dalem. Kayaknya nyokapnya Ayu. Gue inget banget suaranya.
“ Eeeee .... Ayu nya ada gak, Bu ? “ tanya gue. To the point ajalah udah ga nahan ini.
“ Eh, Fajar. Masuk dulu, Jar. Ayunya lagi main sama Icha, sama Kiki. Bentar ya ibu panggilin dulu. Masuk aja, Jar. Titip rumah ya, Jar” kata nyokapnya Ayu.
“ Eeee . . . I .. ya .. buu .. “ iya aja deh biar cepet. 
Ah masa gua malah suruh jagain rumahnya sih ? Padahal gue lagi ... Aaaaah EMERGENCY !! Telepon 911 buruaaaaan !! Udah nih perut ga ilang-ilang mulesnya. “Anji . . .” Ah, jangan sampe gue keluarin kata kotor itu. 
Aaaaaaah,
Nan eotteohke ? What should i do?
(SISTAR_Loving You)
Akhirnya gue cuma bisa duduk di teras rumahnya Ayu. Sambil berharap mules gue buruan pergi. Kaos, kemeja, and celana gue udah basah gara-gara keringetan.

Peluhku berjatuhan, menikmati sentuhan.
Perasaan yang teramat dalam . . .
(Agnez Monica _ Rindu)

Berjuang hidup dan mati cuma untuk nahan berak. Ya ampun, sial banget hidup gue. Sabar, gue harus sabar. Semua akan indah pada waktunya. Akhirnya Ayu dateng juga. Tapi dia gak sama nyokapnya. Gak tahu kemana nyokapnya. Mungkin sekarang nyokapnya yang maen sama Icha, sama Kiki. Hahahaha, Huss ga boleh gitu !

“ Sorry ya Jar. Tadi abis ngobrol . . . “ belum selesai dia ngomong udah gue putus duluan.
“ Sama Icha, sama Kiki ‘kan? “
“ Iya. Kok tau ? Ohiya, mau minum apa, Jar ? “
“ Entrostop “ jawab gue spontan. Wanjir ! Gue ngomong apa sih ?
“ Hah? Apa? Gue ga denger “ tanya Ayu lagi.
“ Ah, enggak. Gak usah repot-repot. Tadi udah beli minum kok. Udah sini gue mao ngomong “ maksa banget kesannya. Tapi bodo amat lah, gue udah ga kuaaaaaaat !!!

“ Ada apa sih, Jar ? “ lagi-lagi Ayu keluarin pertanyaan gak berbobot.
“ Jadi gini. Kemaren kan lo ulang tahun. Nah, gue gak bisa ngasih apa-apa nih. Sorry banget. Gue cuma bisa kasih ini ... “ kata gue sambil nyari kado buat Ayu.
Aaaaaaaaaaaaaaaahhhhhh !! Kadonya manaa? Bagh, ketinggalan di warung !! Duh udah terlanjur ngomong lagi nih.

“ Mao kasih apa, Jar ? “ kali ini pertanyaan yang bikin otak gue beku.
Gue cari-cari di kantong kemeja .. dan gue cuma nemuin . . . KUE WAJIK !!
“ Gue mao kasih ini, Yu. Kue wajik “ yaudahlah apa adanya aja.
“ Eh ? Serius, Jar ? “ lagi-lagi Ayu nanya.
“ Iya, serius. Maaf ya gue cuma bisa kasih itu aja. Selamat Ulang Tahun, Eriyanti Rahayu. Yu, udah ya? Gue pamit sekarang aja. Gue lagi buru-buru “ kata-kata itu keluar begitu aja dari mulut gue. Mungkin udah terlalu mules and terlalu malu karena cuma ngasih kue wajik yang harganya gopek. Yaa Tuhaaaan, malu banget gue !
“ Eh, iya, Jar. Makasih, ya? Kok buru-buru? “ ujar Ayu.
“ Sama-sama. Udah, ya. Kirim salam buat nyokap lo. Gue pamit dulu. Dadaaaah “ gue langsung cabut dari situ. Langsung ambil langkah seribu kaki buat balik ke rumah. GUE MAO BERAK !!

Ya ampun. Udah kebelet berak, kadonya ketinggalan di warung, cuma ngasih kue wajik, udah gitu gak jadi nembak lagi. Aduuuuuuuhhhhhh ... Ancur banget gue malem ini. Gue sengaja lewat warung itu lagi dan TERNYATA WARUNGNYA UDAH TUTUP !!

Udah lah, emang malem ini gue apes banget. Udah lah biar aja tuh kado buat waiters warung yang mukanya di keriput-keriputin itu. Di jalan gue cuma bisa berdo’a supaya gue gak eeq di celana. Apapun gue baca. Ayat Qursy, Al-Ikhlas, An-Nas pun gue baca. Dan akhirnya gue sampe juga di rumah. Dan gue langsung ngacir ke kamar mandi. Dan langsung buka celana n’ nongkrong di WC.

Dan inilah saatnyaaaaaa !!Broot “ pantat gue yang mulus dan shine bright like a diamond itu teriak alias kentut. Dan setelah itu . . . What? Apa-apaan nih? Masa gue udah gak mules lagi? Jadi gue Cuma mao kentut doang? Waaaaaaahhh, pantat sialaaaan !!! Dengan perjuangan hidup dan mati buat nahan, ternyata gue cuma mau kentut doang?! Aaaaaahh ! Yaudahlah kalo begitu. Relain aja. Hari ini emang hari yang sial buat gue. Hiks :(

Kembali ke aktifitas awal, tiduran di kasur. Dan sekarang HP gue bunyi lagi. Ada satu sms masuk. DARI AYU LAGI !! Duh gua harus bales apa nih?! Gue buka sms dari dia. “ Makasih ya, Jar. Kue wajiknya. Enak kok. Maniss “ begitu sms-nya. Belum sempet gue baca. Ada 2 SMS masuk lagi secara bersamaan gitu.

What ?? Yang satu dari Icha dan yang satu dari Kiki. Mati gue. Sms apa ya mereka?

SMS Icha
“ Ciee Fajar ngasih Ayu wajik. Hahahahaha, so sweeet banget wajiknya “

SMS Kiki
“ Echie, fajar ngasih ayu wajik. Hahahaha, maniss banget lho wajiknya. Beli di warung bang Chae, ya? hahahaha “

Wanjrit ! Ternyata wajiknya di makan bertiga sama mereka. Dan ternyata mereka kenal sama si pemilik warung yang emang ngejual wajik itu. Uhh, malu banget gue. Dari ke tiga SMS itu gak ada satupun yang gue bales. Gue cuma bisa nangis sekenceng-kencengnya di kamar.  Ga peduli deh dunia  mao ngomong apa ke gue. GUE MALU !! Mamaaaaaaaa, i miss you . . . . :(

Malam ini gue akhiri dengan nangis. Abis itu tidur. Sejak saat itu, jangankan buat nembak Ayu. Ketemu Aja gue malu. Begitu juga sama Icha, sama Kiki. Hufft. Biarlah lupain aja masalah itu.

Soal cinta?

Uhhh, Cintaku Semanis Wajik !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar